RPP MATERI PETA PRAMUKA

 

RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN

LATIHAN PRAMUKA

Gugusdepan Yogyakarta       : 09.009 – 09.010

Pangkalan                               : SMP Negeri 2 Yogyakarta

Golongan                                : Penggalang

Alokasi Waktu                       : 3 x 90 menit

 

Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU):

1.             Mengerti makna tanda jejak pramuka.

2.             Membuat peta pita.

3.             Membuat peta lapangan.

4.             Membuat peta wilayah.

 

A.      Syarat-syarat Khusus:

1.        Mengerti dan memahami tanda jejak pramuka.

2.        Praktik dan membuat laporan perjalanan dengan peta pita.

3.        Praktik dan membuat peta lapangan.

4.        Praktik dan membuat peta wilayah.

 

B.      Indikator

1.        Memahami dan mengerti tanda jejak pramuka.

2.        Praktik dan membuat laporan perjalanan dengan peta pita.

3.        Praktik dan membuat peta lapangan.

4.        Praktik dan membuat peta wilayah.

 

C.      Tujuan Pembelajaran

Melalui pengamatan, kerja kelompok, dan praktik, peserta didik dapat:

1.        Memahami dan mengerti tanda jejak pramuka.

2.        Praktik dan membuat laporan perjalanan dengan peta pita.

3.        Praktik dan membuat peta lapangan.

4.        Praktik dan membuat peta wilayah.

 

 

 

 

D.        Materi Ajar

1.        Tanda jejak pramuka.

Tanda jejak adalah merupakan tanda yang dapat menandai dan menunjukkan suatu tempat, arah atau keadaan alam.Fungsi Tanda Jejak adalah sebagai alat yang menunjuk bagi pramuka pada kegiatan di alam bebas, sehingga dapat mengetahui kondisi alam yang sebenarnya.

2.        Peta Pita

Peta pita adalah laporan perjalanan suatu pengembaraan, yang dibuat pada waktu mulai berangkat hingga ke tempat tujuan. Tujuan pembuatan peta pita ini adalah untuk menggambarkan keadaan perjalanan yang telah dilakukan dari suatu tempat ke tempat lainnya. 

Hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan Peta Pita.

Penentuan Skala : Hal ini erat kaitannya dengan jarak yang akan ditempuh selama melakukan perjalanan dengan kertas yang ada.

Pembuatan Keterangan : Keterangan yang dimaksud adalah apa-apa yang dilihat selama melakukan perjalanan baik yang ada disebelah kiri maupun yang ada di sebelah kanan, yang perlu diperhatikan adalah tanda-tanda berupa bangunan-bangunan penting atau suatu daerah yang mencolok dan merupakan sesuatu yang mudah dilihat dan diperhatikan. Keterangan dituliskan dalam bentuk gambar peta dan tulisan.

Penulisan Arah Utara, Jarak, dan Waktu : Arah utara digambarkan sesuai dengan arah utara kompas. Jarak dituliskan berdasarkan ukuran yang ada dengan skala yang sudah ditentukan. Untuk waktu bisa dilihat dengan jam sesuai saat berangkat dan tiba di setiap belokan.

3.        Peta Lapangan

Peta lapangan adalah peta yang menggambarkan luas dan bentuk lapangan suatu tempat (arena perkemahan, lokasi, dan sebagainya). Tujuannya untuk menggambarkan keadaan atau kondisi suatu lapangan dan daerah sekitarnya dalam skala yang lebih kecil.

Hal - hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan Peta Lapangan adalah :

Penentuan Skala : Hal ini berkaitan erat dengan luas lapangan yang akan digambar dan kertas gambar yang akan dipergunakan sehingga apa yang ada di lapangan dan daerah sekitarnya yang dekat dengan lapangan tersebut dapat tergambar semuanya.

Penentuan Batas dan Sudut Batas Lapangan : Setelah diketahui batas lapangannya maka batas-batas tersebut dibidik dari tengah lapangan dengan kompas bidik untuk diketahui berapa sudut batas lapangan tersebut. Penggambaran peta lapangan harus menghadap ke utara.

Pengukuran Jarak dari Pusat ke Sudut Batas Lapangan : Pengukuran ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat bantu agar diketahui dengan pasti jarak antara pusat dengan sudut lapangan dan juga jarak antara sudut yang satu dengan sudut yang lainnya.

Penggambaran lapangan : Pengerjaan terakhir adalah menggambarkan sket yang telah didapat dari pengukuran-pengukuran tadi ke dalam kertas gambar. Untuk mempermudah pemberian keterangan diberi penomeran pada tiap sudut dan keterangan lainnya.

5.        Peta Wilayah

Peta wilayah atau Peta perjalanan hampir sama dengan peta pita, tetapi dibuat dalam bentuk lain. pengerjaannya dan cara caranya tidak jauh berbeda dengan cara cara pengerjaan laporan peta pita. 

Hal - hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan Peta Lapangan adalah :

Jarak pada peta perjalanan diskalakan. Contoh : setiap 100 m di atas tanah menjadi 10 cm di kertas.

Titik sasaran harus ditetapkan sebelum bergerak.

Mulailah membuat peta perjalanan di tengah kertas dan tandailah tempat permulaan dengan huruf A.    kemudian ke tempat kedua B, dan seterusnya

Hitung (taksir) jarak yang ditempuh dan rubahlah ke dalam skala

Cantumkan tanda tanda peta topografi.

Arah utara selalu di atas

 

E.   Metode Pembelajaran

1.        Informasi

2.        Praktik

 

F.            Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

1.        Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

a.    Upacara penggalang dan mengecek kehadiran, serta kesiapan peserta didik untuk mengikuti latihan.

b.    Menyampaikan tujuan kegiatan latihan pada pertemuan hari itu.

2.        Kegiatan inti (Waktu: 60 menit)

a.    Peserta didik mendengarkan penjelasan mengenai tanda jejak pramuka.

b.    Peserta didik dijelaskan mengenai cara pembuatan peta pita.

c.    Melakukan tanya jawab tenang pembuatan peta pita.

d.   Peserta didik melakukan praktik pembuatan peta pita didampingi oleh pembina.

e.    Peserta didik dijelaskan mengenai cara pembuatan peta lapangan.

f.     Melakukan tanya jawab tenang pembuatan peta lapangan.

g.    Peserta didik melakukan praktik pembuatan peta lapangan didampingi oleh pembina.

h.    Peserta didik dijelaskan mengenai cara pembuatan peta wilayah.

i.      Melakukan tanya jawab tenang pembuatan peta wilayah.

j.      Peserta didik melakukan praktik pembuatan peta wilayah didampingi oleh pembina.

 

3.        Kegiatan Penutup (Waktu : 15 menit)

a.    Pembina dan peserta didik menyimpulkan materi latihan hari itu.

b.    Pembina meminta pendapat beberapa peserta didik tentang manfaat  yang telah diperoleh pada kegiatan latihan hari itu.

c.    Pembina melakukan penilaian dengan mengajukan pertanyaan mengenai cara pembuatan peta pita, peta lapangan, peta wilayah.

d.   Pembina memberi  pesan moral untuk tetap menjunjung tinggi kode etik Penggalang.

e.    Upacara penutupan.

 

G.           Sumber Belajar

1.        Buku Saku Pramuka

2.        Lingkungan/lapangan

3.        Tanda jejak pramuka

4.        Peta Pita

5.        Peta Lapangan

6.        Peta Wilayah

 

 

 

H.           Penilaian

Penilaian sikap selama proses latihan

Penilaian Kinerja

Tes Uraian

 

Mengetahui,

Kamabigus SMP Negeri 2 Yogyakarta

 

 

 

Widayat Umar, S.Pd., M.Pd.Si.

NIP. 19700313 199301 1 002

Yogyakarta, 11 Juni 2018

Pembina Satuan

 

 

 

Ayunurita Safitri, S.IP.


 

Comments

Popular posts from this blog

Biografi KH Agus Salim – Bapak Pandu Indonesia

Modul Kesiapsiagaan Bela Negara

SIMBOL-SIMBOL NASIONALISME INDONESIA