RPP LATIHAN PRAMUKA

 

RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN

LATIHAN PRAMUKA

Gugusdepan Yogyakarta       : 09.009 – 09.010

Pangkalan                               : SMP Negeri 2 Yogyakarta

Golongan                                : Penggalang

Alokasi Waktu                       : 90 menit

 

Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU):

1.             Menyebutkan Kode Kehormatan Pramuka Penggalang.

2.             Mengucapkan  Salam Pramuka,  Motto, dan menjelaskan arti lambang Gerakan Pramuka.

3.             Menjelaskan sejarah dan kiasan warna serta cara menggunakan bendera merah putih.

 

A.      Syarat-syarat Khusus:

1.        Mengucapkan isi Dasa Dharma dan Tri Satya dengan hafal dan lancar.

2.        Mengucapkan salam Pramukadan motto Gerakan Pramuka.

3.        Menjelaskan maksud serta penggunaan salam.

4.        Menjelaskan arti lambang Gerakan Pramuka.

5.        Menjelaskan sejarah bendera kebangsaan Indonesia.

6.        Menjelaskan cara menggunakan bendera kebangsaan Indonesia.

7.        Menjelaskan makna  kiasan warna merah putih pada bendera Indonesia.

 

B.      Indikator

1.        Mengucapkan isi Tri satya tanpa menggunakan teks (hafal).

2.        Menunjukkan contoh pengamalan isi Tri Satyadalam kehidupan sehari-hari.

3.        Mengucapkan isi Dasa Darma tanpa menggunakan teks (hafal).

4.        Menunjukkan contoh pengamalan Dasa Darma dalam kehidupan sehari-hari

5.        Mengucapkan salam pramuka.

6.        Menjelaskan motto Gerakan Pramuka.

7.        Menjelaskan arti lambang Gerakan Pramuka.

8.        Menceritakan sejarah bendera Indonesia.

9.        Menjelaskan makna warna merah putih pada bendera Indonesia.

10.    Menjelaskan cara menggunakan bendera.

C.      Tujuan Pembelajaran

Melalui pengamatan, kerja kelompok, dan praktik, peserta didik dapat:

1.        Menjelaskan isi Tri satya, Dasa Dharma, dan Pancasila

2.        Menunjukkan contoh pengamalan isi Tri Satya, Dasa Dharma, dan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

3.        Mengucapkan salam pramuka, motto Gerakan Pramuka, dan penggunaannya.

4.        Menjelaskan arti lambang Gerakan Pramuka.

5.        Menceritakan sejarah, makna warna bendera Indonesia, dan cara menggunakan bendera.

 

D.        Materi Ajar

1.        Pengenalan Kode Kehormatan Pramuka.

Kode Kehormatan adalah suatu norma atau nilai-nilai luhur dalam kehidupan para anggota Pramuka yang merupakan ukuran atau Standar tingkah laku anggota GerakanPramuka.

Kode kehormata digolongan penggalang ada 2, yaitu: Janji yang berupa Tri Satya dan ketentuan Moral (darma) berupa Dasa Darma.

2.        Contoh-contoh penerapan Tri Satya dan Dasa Dharma dalam kehidupan sehari-hari.

3.        Salam Pramuka, motto, lambang Gerakan Pramuka.

4.        Bendera Kebangsaan Indonesia:

a.    Sejarah bendera Indonesia

b.    Makna warna bendera

c.    Cara penggunaan bendera.

 

E.   Metode Pembelajaran

1.        Informasi

2.        Diskusi

3.        Game

 

F.            Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

1.        Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

a.    Upacara penggalang dan mengecek kehadiran, serta kesiapan peserta didik untuk mengikuti latihan.

b.    Menyampaikan tujuan kegiatan latihan pada pertemuan hari itu.

2.        Kegiatan inti (Waktu: 60 menit)

a.    Peserta didik membaca teks Tri Satya dan Dasa Dharma.

b.    Melakukan tanya jawab tentang makna isi dari Tri Satya dan Dasa Dharma, contoh-contoh pengamalan Tri Satya dan Dasa Dharma dalam kehidupan sehari-hari.

c.    Membentuk kelompok yang terdiri atas 10 orang anggota.

d.   Setiap anggota memilih  nomor dari Tri Satya dan Dasa Dharma untuk dihafal selama 10 menit.

e.    Meminta setiap regu berbaris dengan ketua regu di depan barisan, dan diberi garis start. Jika pembina membunyikan peluit maka anggota regu yang berada di paling depan berlari menuju garis finish dan mengucapkan isi dasa darma yang pertama kemudian kembali ke barisannya, langsung disusul barisan yang menempati urut kedua mengucapkan isi Dasa dharma yang kedua, dan seterusnya. Regu yang paling cepat selesai dan tidak salah dalam pengucapan akan memenangkan lomba.

f.     Melakukan hal yang sama (lomba menghafal) untuk kode kehormatan Tri Satya.

g.    Peserta didik mendengarkan kalimat salam pramuka, dan motto Gerakan Pramuka.

h.    Tanya jawab tenatang makna dan penggunaan salam.

i.      Peserta didik secara berpasangan bergantian mengucapkan salam dan motto Gerakan Pramuka. Pengucapan secara bergantian dilakukan berulang-ulang hingga hafal.

j.      Peserta didik  secara berkelompok diminta mengamati lambang Gerakan Pramuka,

k.    Mendiskusikan makna kiasan lambang dan menuliskannya di bawah gambar lambang Gerakan Pramuka.

l.      Peserta didik menempelkan gambar lambang dan hasil rumusan makna kiasan lambang Gerakan Pramuka di dinding kelas atau di tempat yang dapat dipajangkan hasil kerja mereka.

m.  Meminta peserta didik mengamati bendera merah putih, kemudian membaca teks tentang sejarah bendera kebangsaan Indonesia.

n.    Diskusi tentang makna warna merah putih dan sejarah bendera dan menemukan nilai-nilai di balik sejarah tersebut.

o.    Peserta didik difasilitasi pembina untuk mempraktikkan cara penggunaan bendera merah putih, antara lain cara penggunaan dalam memasang, melepas, dan menyimpan bendera.

p.    Pembina mengklarifikasi aktifitas siswa dan memberi penguatan.

 

3.        Kegiatan Penutup (Waktu : 15 menit)

a.    Pembina dan peserta didik menyimpulkan materi latihan hari itu.

b.    Pembina meminta pendapat beberapa peserta didik tentang renungan/refleksi manfaat  yang telah diperoleh pada kegiatan latihan hari itu.

c.    Pembina melakukan penilaian dengan mengajukan pertanyaan secara lisan, yaitu mengucapkan Ttri Satya dan Dasa Dharma tanpa bantuan teks.

d.   Menugaskan peserta didik untuk menulis Tri satya dan Dasa darma pada selembar kertas dan ditempel di dinding kamar untuk mengingatkan.

e.    Pembina memberi  pesan moral untuk tetap menjunjung tinggi kode etik Penggalang.

f.     Upacara penutupan.

 

G.           Sumber Belajar

1.        Buku Saku Pramuka

2.        Lingkungan/lapangan

3.        Teks Dasa Dharma dan Tri Satya.

4.        Gambar lambang Gerakan pramuka.

5.        Bendera merah putih.

6.        Teks sejarah bendera merah putih.

 

H.           Penilaian

Penilaian sikap selama proses latihan

Penilaian Kinerja

Tes Uraian

 

Mengetahui,

Kamabigus SMP Negeri 2 Yogyakarta

 

 

 

Widayat Umar, S.Pd., M.Pd.Si.

NIP. 19700313 199301 1 002

Yogyakarta, 11 Juni 2018

Pembina Satuan

 

 

 

Ayunurita Safitri, S.IP.


 

RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN

LATIHAN PRAMUKA

Gugusdepan Yogyakarta       : 09.009 – 09.010

Pangkalan                               : SMP Negeri 2 Yogyakarta

Golongan                                : Penggalang

Alokasi Waktu                       : 90 menit

 

Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU):

1.             Menyebutkan Tanda Pengenal Gerakan Pramuka.

2.             Menyebutkan Letak tanda pengenal.

 

A.      Syarat-syarat Khusus:

1.        Menjelaskan macam-macam tanda pengenal gerakan pramuka.

2.        Menjelaskan letak tanda pengenal.

3.        Menjelaskan perbedaan tanda pengenal pada masing-masing golongan.

4.        Menerapkan penggunaan tanda pengenal pada seragam pramuka.

 

B.      Indikator

1.        Menjelaskan macam-macam tanda pengenal.

2.        Menjelaskan tata letak tanda pengenal pada seragam pramuka.

3.        Menjelaskan perbedaan tanda pengenal setiap golongan

4.        Menerapkan penggunakan tanda pengenal pada seragam yang digunakan peserta didik

 

C.      Tujuan Pembelajaran

Melalui pengamatan, kerja kelompok, dan praktik, peserta didik dapat:

1.        Menjelaskan macam-macam tanda pengenal

2.        Menunjukkan letak masing-masing tanda pengenal

3.        Menjelaskan perbedaan tanda pengenal pada masing-masing golongan

4.        Menerapkan peletakan tanda pengenal yang benar pada seragam peserta didik

 

D.        Materi Ajar

1.        Pengenalan Tanda pengenal gerakan pramuka.

Tanda pengenal gerakan pramuka adalah tanda yang dikenakan seorang pramuka pada seragam pramuka yang menunjukkan jati dirinya seorang pramuka, satuan tempatnya bergabung, jabatan yang diembannya, kemampuan dan kecakapannya, dan penghargaan yang telah diterimanya

Tanda pengenal gerakan pramuka dimaksudkan sebagai identitas jati diri seorang Pramuka. Dengan sandi juga kita dapat mengetahui wilayah tempat dia berasal, satuan tempat ia bergabung, tugas yang sedang dilaksanakannya, jabatan yang dipangkunya, kecakapan yang dikuasainya dan penghargaan yang telah diterima.

2.        Macam-macam tanda pengenal

Sandi terdiri dari 5 (lima) tanda yaitu:

Tanda umum, Tanda satuan, Tanda khusus, Tanda jabatan, dan Tanda penghargaan.

3.        Tanda pengenal pada masing-masing golongan (Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega, Anggota Dewasa)

4.        Menerapkan penggunaan tanda pengenal pada seragam peserta didik

 

E.   Metode Pembelajaran

1.        Informasi

2.        Diskusi

3.        Game

 

F.            Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

1.        Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

a.    Upacara penggalang dan mengecek kehadiran, serta kesiapan peserta didik untuk mengikuti latihan.

b.    Menyampaikan tujuan kegiatan latihan pada pertemuan hari itu.

2.        Kegiatan inti (Waktu: 60 menit)

a.    Peserta didik dijelaskan mengenai tanda pengenal gerakan pramuka

b.    Melakukan tanya jawab tentang tanda pengenal

c.    Peserta didik berkumpul sesuai regu masing-masing

d.   Peserta didikmempelajari nama dan letak tanda pengenal

e.    Meminta setiap regu berbaris dengan ketua regu di depan barisan, dan diberi garis start. Jika pembina membunyikan peluit maka anggota regu yang berada di paling depan berlari menuju garis finish dan memasangkan tanda pengenal pada papan seragam dan menyebutkan termasuk dalam jenis tanda pengenal apa kemudian kembali ke barisannya, langsung disusul barisan yang menempati urut kedua memasangkan sandi selanjutnya, dan seterusnya. Regu yang paling cepat selesai dan tidak salah dalam pengucapan akan memenangkan lomba.

f.     Peserta didik mendengarkan penjelasan tanda pengenal masing-masing golongan

g.    Tanya jawab tenatang perbedaan tanda pengenal.

h.    Meminta peserta didik melengkapi tanda pengenal sesuai dengan yang telah diajarkan pada pertemuan selanjutnya

 

3.        Kegiatan Penutup (Waktu : 15 menit)

a.    Pembina dan peserta didik menyimpulkan materi latihan hari itu.

b.    Pembina meminta pendapat beberapa peserta didik tentang renungan/refleksi manfaat  yang telah diperoleh pada kegiatan latihan hari itu.

c.    Pembina melakukan penilaian dengan mengajukan pertanyaan secara lisan.

d.   Pembina memberi  pesan untuk peserta didik dapat tertib dan mengenakan seragam pramuka lengkap dengan tanda pengenal yang sudah ditentukan

e.    Upacara penutupan.

 

G.      Sumber Belajar

1.    Buku Saku Pramuka

2.    Lingkungan/lapangan

3.    Teks pengetian Tanda pengenal gerakan pramuka

4.    Gambar tanda pengenal

5.    Gambar seragam pramuka dan peletakaan tanda pengenal

 

H.      Penilaian

Penilaian sikap selama proses latihan

Penilaian Kinerja

Tes Uraian

 

Mengetahui,

Kamabigus SMP Negeri 2 Yogyakarta

 

 

 

Widayat Umar, S.Pd., M.Pd.Si.

NIP. 19700313 199301 1 002

Yogyakarta, 11 Juni 2018

Pembina Satuan

 

 

 

Ayunurita Safitri, S.IP.


 

RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN

LATIHAN PRAMUKA

Gugusdepan Yogyakarta       : 09.009 – 09.010

Pangkalan                               : SMP Negeri 2 Yogyakarta

Golongan                                : Penggalang

Alokasi Waktu                       : 90 menit

 

Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU):

1.             Menyebutkan macam-macam sanci.

2.             Menggunakan macam-macam sandi.

 

A.      Syarat-syarat Khusus:

1.        Menjelaskan macam-macam sandi.

2.        Mengerjakan soal dengan macam-macam sandi.

 

B.      Indikator

1.        Menjelaskan macam-macam sandi.

2.        Menerapkan penggunakan macam-macam sandi dalam menyelesaikan soal dan menjawab soal.

 

C.      Tujuan Pembelajaran

Melalui pengamatan, kerja kelompok, dan praktik, peserta didik dapat:

1.        Menjelaskan macam-macam sandi.

2.        Menggunakan sandi dalam menyelesaikan soal dan menjawab soal.

 

D.        Materi Ajar

1.        Pengenalan Sandi

Sandi merupakan tulisan dengan huruf sandi ini yang akan sulit dimengerti oleh kaum awam yang belum mempelajarinya.

2.        Macam-macam sandi

Sandi terdiri dari sandi kotak 1-3, sandi jam, sandi cermin, sandi kimia, sandi rumput, sandi koordinat, sandi angka, sandi AND, sandi morse dan sandi semaphore.

3.        Menerapkan penggunaan sandi dalam menerjemahkan soal dan juga menjawab soal.

 

E.   Metode Pembelajaran

1.        Informasi

2.        Diskusi

3.        Game

 

F.            Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

1.        Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

a.    Upacara penggalang dan mengecek kehadiran, serta kesiapan peserta didik untuk mengikuti latihan.

b.    Menyampaikan tujuan kegiatan latihan pada pertemuan hari itu.

2.        Kegiatan inti (Waktu: 60 menit)

a.    Peserta didik dijelaskan mengenai sandi dan macam-macam sandi.

b.    Melakukan tanya jawab tentang sandi

c.    Peserta didik berkumpul sesuai regu masing-masing

d.   Peserta didik mempelajari cara penggunaan sandi.

e.    Meminta setiap regu untuk mencari soal yang sudah diletakkan pada pos-pos tertentu. Peserta didik diminta menerjemahkan sandi dan menjawabnya sesuai perintah yang telah ditentukan. Regu yang paling cepat selesai dan tidak salah dalam mengerjakan soal akan memenangkan lomba.

 

3.        Kegiatan Penutup (Waktu : 15 menit)

a.    Pembina dan peserta didik menyimpulkan materi latihan hari itu.

b.    Pembina meminta pendapat beberapa peserta didik tentang renungan/refleksi manfaat  yang telah diperoleh pada kegiatan latihan hari itu.

c.    Pembina melakukan penilaian dengan mengajukan pertanyaan secara lisan.

d.   Pembina memberi  pesan untuk peserta didik.

e.    Upacara penutupan.

 

G.      Sumber Belajar

1.    Buku Saku Pramuka

2.    Lingkungan/lapangan

3.    Teks pengetian Sandi

4.    Teks macam-macam sandi

5.    Gambar sandi

 

H.      Penilaian

Penilaian sikap selama proses latihan

Penilaian Kinerja

Tes Uraian

 

Mengetahui,

Kamabigus SMP Negeri 2 Yogyakarta

 

 

 

Widayat Umar, S.Pd., M.Pd.Si.

NIP. 19700313 199301 1 002

Yogyakarta, 11 Juni 2018

Pembina Satuan

 

 

 

Ayunurita Safitri, S.IP.

 


 

RENCANA PELAKSANAAN KEGIATAN

LATIHAN PRAMUKA

Gugusdepan Yogyakarta       : 09.009 – 09.010

Pangkalan                               : SMP Negeri 2 Yogyakarta

Golongan                                : Penggalang

Alokasi Waktu                       : 2 x 90 menit

 

Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU):

1.             Menyebutkan pengertian komunikasi lapangan.

2.             Menjelaskan mengenai Morse.

3.             Menjelaskan mengenai Semaphore.

 

A.      Syarat-syarat Khusus:

1.        Menjelaskan pengertian komunikasi lapangan

2.        Menjelaskan smengenai Morse.

3.        Menjelaskan mengenai Semaphore.

4.        Praktik komunikasi menggunakan Morse.

5.        Praktik komunikasi menggunakan Semaphore.

 

B.      Indikator

1.        Mengerti mengenai komunikasi lapangan.

2.        Mengerti dan faham mengenai Morse.

3.        Mengerti dan faham mengenai Semaphore.

4.        Mampu mempraktikan komunikasi menggunakan Morse

5.        Mampu mempraktikan komunikasi menggunakan Semaphore.

 

C.      Tujuan Pembelajaran

Melalui pengamatan, kerja kelompok, dan praktik, peserta didik dapat:

1.        Menjelaskan makna komunikasi lapangan.

2.        Menjelaskan dan mengerti tata cara penggunaan sandi morse.

3.        Menjelaskan dan mengerti tata cara penggunaan sandi semaphore.

4.        Mempraktikan komunikasi menggunakan sandi morse.

5.        Mempraktikan komunikasi menggunakan sandi semaphore.

 

D.        Materi Ajar

1.        Pengenalan Komunikasi Lapangan

Komunikasi Lapangan merupakan proses penyampaian suatu maksud, tujuan ataupun berita-berita kepada pihak lain dyang dilakukan menggunakan isyarat atau tanda dan dapat juga menggunakan frekuensi radio.

2.        Terdapat dua isyarat yang digunakan dalam komunikasi lapangan yaitu, morse dan semaphore.

3.        Isyarat morse dapat disampaikan menggunakan peluit morse, bendera, asap dan cahaya.

4.        Isyarat semaphore dapat disampaikan menggunakan bendera semaphore.

5.        Praktik komunikasi lapangan

a.    Menggunakan isyarat morse

b.    Menggunakan isyarat semaphore

 

E.   Metode Pembelajaran

1.        Informasi

2.        Praktik

 

F.            Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran

1.        Kegiatan Pendahuluan (15 menit)

a.    Upacara penggalang dan mengecek kehadiran, serta kesiapan peserta didik untuk mengikuti latihan.

b.    Menyampaikan tujuan kegiatan latihan pada pertemuan hari itu.

2.        Kegiatan inti (Waktu: 2 x 60 menit)

a.    Peserta didik dijelaskan mengenai komunikasi lapangan

b.    Peserta didik dijelaskan mengenai isyarat morse.

c.    Melakukan tanya jawab dan menebak berita yang disampaikan menggunakan morse.

d.   Peserta didik berkelompok 2 orang

e.    Setiap anggota menggunakan peluit morse.

f.     Meminta peserta didik untuk secara bergantian menyampaikan dan menerima berita menggunakan isyarat morse.

g.    Peserta didik dijelaskan mengenai isyarat semaphore.

h.    Melakukan tanya jawab dan menebak berita yang disampaikan menggunakan semaphore

i.      Peserta didik berkelompok 2 orang

j.      Setiap anggota menggunakan bendera semaphore.

k.    Meminta peserta didik untuk secara bergantian menyampaikan dan menerima berita menggunakan isyarat semaphore.

 

3.        Kegiatan Penutup (Waktu : 15 menit)

a.    Pembina dan peserta didik menyimpulkan materi latihan hari itu.

b.    Pembina meminta pendapat beberapa peserta didik tentang manfaat  yang telah diperoleh pada kegiatan latihan hari itu.

c.    Pembina melakukan penilaian dengan mempraktikan sebuah huruf atau kata menggunakan isyarat more dan semaphore, dan kemudian meminta peserta didik untuk menjawab.

d.   Menugaskan peserta didik untuk berlatih menggunakan isyarat morse dan semaphore, yang akan diujikan secara mandiri di pertemuan selanjutnya.

e.    Pembina memberi  pesan moral untuk tetap menjunjung tinggi kode etik Penggalang.

f.     Upacara penutupan.

 

G.           Sumber Belajar

1.        Buku Saku Pramuka

2.        Lingkungan/lapangan

3.        Rumah Morse dan Pohon Morse

4.        Diagram Semaphore

 

H.           Penilaian

Penilaian sikap selama proses latihan

Penilaian Kinerja

Tes Uraian

 

Mengetahui,

Kamabigus SMP Negeri 2 Yogyakarta

 

 

 

Widayat Umar, S.Pd., M.Pd.Si.

NIP. 19700313 199301 1 002

Yogyakarta, 11 Juni 2018

Pembina Satuan

 

 

 

Ayunurita Safitri, S.IP.

 

Comments

Popular posts from this blog

Biografi KH Agus Salim – Bapak Pandu Indonesia

Modul Kesiapsiagaan Bela Negara

SIMBOL-SIMBOL NASIONALISME INDONESIA