LAPORAN NARAKARYA PEMBINA PRAMUKA

 

LAPORAN KEGIATAN NARAKARYA II

Disusun Sebagai Laporan Akhir Kegiatan Narakarya II

Pada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kwartir Cabang 1205 Kota Yogyakarta

Periode: 2018 s/d 2019

 





 

Disusun Oleh:

Nama                                      : Ayunurita Safitri, S.IP.

Pembina Satuan                      : Penggalang

Gugusdepan Yogyakarta       : 09.009 – 09.010

Pangkalan                               : SMP Negeri 2 Yogyakarta

 

KWARTIR CABANG 1205 YOGYAKARTA

TAHUN 2020



HALAMAN PENGESAHAN

 

Laporan dengan judul            : LAPORAN KEGIATAN NARAKARYA II

 

yang dipersiapkan dan disusun oleh:

Nama                                      : AYUNURITA SAFITRI, S.IP.

Golongan                                : Penggalang

Jabatan                                   : Pembina Satuan

Gugusdepan Yogyakarta       : 09.009 – 09.010

Pangkalan                               : SMP Negeri 2 Yogyakarta

 

Dinyatan diterima oleh Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kwartir Cabang Kota Yogyakarta 1205.

 

 

 

Pendamping Kanan

 

 

Sumarmi, MG.

Pendamping Kiri

 

 

Th. Sumarsih, MG.

Ketua Pusat Pendidikan dan Pelatihan

Kwartir Cabang Kota Yogyakarta

 

 

 

Drs. Amik Setiaji, M.Pd., MT.

 


 

KATA PENGANTAR

 

SALAM PRAMUKA

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan limpahan hidayah dan rahmat-Nya kepada kita semua sehingga kita masih diberikan kesempatan untuk menikmati karunia-Nya yang berupa Islam dan iman serta dengan izin-Nya akhirnya  penulis dapat menyelesaikan laporan Narakarya II. Tujuan penulisan laporan Narakarya II ini adalah untuk memenuhi tugas akhir pelatihan Pembina mahir tingkat lanjut dan dapat dikukuhkan sebagai Pembina mahir.

Laporan Narakarya II ini dibuat sebagai pedoman administrasi yang ditujukan untuk pramuka golongan penggalang. Serta dapat menjadi tolak ukur penyusunan administrasi gugus depan dengan baik. Laporan ini banyak mengalami penundaan dikarenakan penulis harus menunggu usia dewasa untuk melanjutkan proses Narakarya.

Penulisan laporan ini tidak akan terselesaikan tanpa adanya bantuan dari berbagai pihak yang berkenan memberikan masukan dan saran pada penulis dalam menyelesaikan laporan ini. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini penulis mengucapkan terima kasih dan rasa hormat sedalam-dalamnya kepada:

1.      Drs. Heroe Poerwadi, MA., selaku Ketua Kwartir Cabang Kota Yogyakarta.

2.      Drs. Amik Setiaji, M.Pd., MT, selaku Ketua Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kwartir Cabang Kota Yogyakarta

3.      Sumarmi, MG., selaku pendamping kanan

4.      Th. Sumarsih, MG., selaku pendamping kiri

5.      Segenap kakak pelatih dan staf Kwartir Cabang Kota Yogyakarta, yang telah banyak membantu dalam proses pelaksanaan pelatihan dan administrasi

6.      Rekan Pembina di gugusdepan Yogyakarta 09.009 – 09.010 pangkalan SMP Negeri 2 Yogyakarta, yang telah memberi banyak dukungan, motivasi dan arahan

7.      Peserta didik Penggalang gugusdepan Yogyakarta 09.009 – 09.010 pangkalan SMP Negeri 2 Yogyakarta dan segenap pihak yang tak dapat penulis sebutkan satu-persatu yang sudah membantu penulis menyelesaikan laporan ini.

 

Penulis menyadari bahwa skripsi ini masih banyak kekurangan, untuk itu kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan. Akhirnya, semoga skripsi ini dapat bermanfaat bagi kita semua.Aamiin...

SALAM PRAMUKA

 

 

 

Yogyakarta, 3 September 2020

Penulis

 

 


 

DAFTAR ISI

 

Halaman

JUDUL........................................................................................................            i

LEMBAR PENGESAHAN........................................................................           ii

KATA PENGANTAR................................................................................          iii

DAFTAR ISI...............................................................................................           v

DAFTAR LAMPIRAN...............................................................................         vii

BAB I PENDAHULUAN..........................................................................           1

A.      Latar Belakang...................................................................................           1

B.       Dasar Hukum......................................................................................           1

C.       Tujuan.................................................................................................           1

D.      Hasil Yang Diharapkan......................................................................           2

BAB II KONDISI NYATA GUGUS DEPAN ........................................           3

A.      Kondisi Sekolah Sebagai Pangkalan Gugusdepan.............................           3

B.       Kondisi Gugusdepan..........................................................................           3

BAB III PELAKSANAAN NARAKARYA II PENGGALANG...........           5

A.            Penyususnan Program Tahunan.......................................................           5

B.            Penyusunan Program Semester........................................................           7

C.            Silabus..............................................................................................           8

D.            Penyusunan Program Latihan Mingguan.........................................         10

E.             Penyusunan Perangkat Bina Satuan.................................................         10

1.    Rencana Pelaksanaan Kegiatan (RPK) Mingguan......................         10

2.    Bahan Ajar...................................................................................         11

3.    Instrumen Penilaian.....................................................................         12

F.             Monitoring Dan Pelaksanaan Kegiatan Besar Satuan......................         12

G.            Pelaksanaan Administrasi Gugus Depan.........................................         15

BAB V KESIMPULAN.............................................................................         16

A.            Simpulan..........................................................................................         16

B.            Saran................................................................................................         16

LAMPIRAN................................................................................................         17

 


 

DAFTAR LAMPIRAN

 

 

Lampiran                                                                                                     Halaman

I        Program Tahunan Ekstrakulikuler Pramuka.......................................         17

II       Program Semester Ekstrakulikuler Pramuka.......................................         18

III     Silabus................................................................................................         20 

IV     Program Latihan Mingguan Ekstrakulikuler Pramuka........................         25

V       Rencana Pelaksanaan Kegiatan Pramuka...........................................         31

VI     Monitoring dan Evaluasi Kegiatan.....................................................         78

VII    Dokumentasi.......................................................................................         81

VIII  Sertifikat Penggalang Garuda............................................................         84

VIX  Profil Pembina....................................................................................         89


BAB 1

PENDAHULUAN

 

A.           Latar Belakang

Kepramukaan merupakan proses pendidikan diluar lingkungan sekolah dan juga diluar lingkungan keluarga yang dikemas dalam kegiatan yang menarik, menyenangkan, terarah, dan praktis, yang dilaksanakan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan yang sasaran akhirnya pembentukan karakter. Untuk melaksanakan kegiatan kepramukaan yang sesuai dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan maka pelatih ataupun Pembina harus memiliki kemampuan yang handal. Seorang Pembina untuk meningkatkan kemampuan dan keahliannya perlu melakukan pendidikan yang terdiri dari dua jenjang yaitu Kursus Pembina Mahir Tingkat Dasar (KMD) dan Kursus Pembina Mahir Tingkat Lanjut (KML). Setelah mengikuti Kursus Pembina Mahir Tingkat Lanjut (KML) maka Pembina perlu untuk membuat laporan yang mana laporan tersebut digunakan sebagai perkembangan kepramukaan dan tingkat keberhasilan kepramukaan yang dilaksanakan di Gugusdepan Pembina tersebut. Laporan tersebut disebut sebagai Narakarya II.

B.            Dasar Hukum

1.    Undang-undang No 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka

2.    Keputusan Musyawarah Nasional Gerakan Pramuka Tahun 2018 No 07/Munas/2018 tentang Anggaran Dasar Gerakan Pramuka dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka

3.    Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 200 Tahun 2011 Tentang Panduan Kursus Pembina Mahir

4.    Program Kerja Kwartir Cabang Kota Yogyakarta

C.           Tujuan

Berdasarkan latar belakang diatas adapun tujuan penyusunan laporan Narakarya yang ingin dicapai adalah:

1.    Melaporkan administrasi Gugusdepan yang telah dicapai

2.    Menjadi pertanggungjawaban Pembina mengikuti Kursus Pembina Mahir Tingkat Lanjut

3.    Melaporkan pencapaian yang telah dilaksanakan di Gugusdepan

D.           Hasil Yang Diharapkan

Hasil yang diharapkan dalam penyususnan laporan Narakarya II ini adalah sebagai berikut:

·      Koreksi terhadap pelaksanaan kegiatan kepramukaan yang ada di Gugusdepan Yogyakarta 09.009 dan 09.010 pangkalan SMP Negeri 2 Yogyakarta, sehingga dapat menjadi acuan agar pelaksanaan kepramukaan selanjutnya dapat lebih baik.

·      Terselesaikannya laporan Narakarya II dan selanjutnya dapat dikukuhkan menjadi Pembina Mahir


BAB II

KONDISI NYATA GUGUSDEPAN

 

A.           Kondisi Sekolah Sebagai Pangkalan Gugusdepan

Sejarah singkat berdirinya SMP Negeri 2 Yogyakarta

SMPN 2 Yogyakarta adalah sekolah menengah pertama di Yogyakarta yang didirikan pada zaman Jepang tanggal 12 September 1942, Sekolah ini terletak di Jalan Panembahan Senopati 28-30 Yogyakarta. Pada bulan Juli 1981, gedung yang semula hanya 2.585,41 m2, diperluas menjadi 3500 m2 karena diserahkannya gedung di sebelah barat yaitu bekas kantor Metrologi untuk tambahan ruang kelas. Setiap tanggal 12 September ditetapkan sebagai hari ulang tahun SMP Negeri 2 Yogyakarta dan dalam kurun waktu 74 tahun (1942-2016) telah terjadi dua puluh satu kali penggantian Kepala Sekolah. Dalam perkembangan selanjutnya, suatu hal yang sangat menggembirakan ialah berhasilnya gedung bekas Kantor Metrologi yang terletak di Jalan P. Senopati 26 diserahkan penggunaannya untuk tambahan ruang kelas SMP Negeri 2 Yogyakarta, berdasarkan SK Gubernur Kepala Daerah Istimewa Yogyakarta nomor: 183/KPTS/1981 tertanggal 24 Juli 1981. Jadi luas tanah SMP 2 menjadi 3.200 m2 luas bangunan 2.585,41 m2 Peristiwa ini terjadi pada tahun 1981, dan keberhasilan ini semua tidak lepas dari kegigihan serta perjuangan tokoh-tokoh /pimpinan baik dari unsur BP-3 yang saat itu diketuai oleh Bapak dr. R.Sutarjo Tjokromiharjo, Kepala Sekolah yang saat itu dipegang oleh Bapak Drs. Nyoman Radjeg, Kepala Kanwil Depdikbud Prop. DIY yang saat itu dipegang oleh Bapak Drs. GBPH. Poeger maupun Gubernur Kepala Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan keberadaan SMP Negeri 2 Yogyakarta ini telah dikuatkan dengan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor: 2106/B.II tanggal 23 Juli 1951.

 

B.            Kondisi Gugusdepan

Gugusdepan Yogyakarta 09.009 dan 09.010, pangkalan SMP Negeri 2 Yogyakarta merupakan lembaga pendidikan yang beralamat di jalan Panembahan Senopati No. 28-30, Prawirodirjan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55121, berada di Kwartir Ranting Gondomanan dan Kwartir Cabang Kota Yogyakarta. SMP Negeri 2 Yogyakarta memiliki luas tanah 3500 m2. Jumlah Rombongan Belajar dan siswa:

kelas 7 : 6 rombel reguler x 34 siswa + 1 rombel SKS x 34 siswa = 238 siswa

kelas 8 : 7 rombel x 34 siswa = 238 siswa

kelas 9 : 7 rombel x 34 siswa = 238 siswa

SMP Negeri 2 Yogyakarta memiliki beberapa ekstrakulikuler, salah satunya adalah Pramuka yang menjadi ekstra kulikuler wajib di SMP Negeri 2 Yogyakarta. Ekstrakulikuler Pramuka dilaksanakan dua kali dalam seminggu, yaitu hari Selasa dan hari Jumat pada jam 15.30 – 17.00 WIB.

Struktur organisasi Gugusdepan Yogyakarta 09.009 – 09.010 pangkalan SMP Negeri 2 Yogyakarta

 


BAB IV

KESIMPULAN

 

A.           Simpulan

Berdasarkan laporan pelaksanaan kegiatan kepramukaan di Gugusdepan Yogyakarta 09.009 - 09.010 pangkalan SMP Negeri 2 Yogyakarta, dapat disimpulkan bahwa kegiatan kepramukaan yang dilaksanaan dengan berdasarkan aturan dan demi dicapainya tujuan dari dilaksanakannya kegiatan pramuka maka materi yang diajarkan disesuaikan dengan poin-poin yang ada di dalam buku Syarat Kecakapan Umum (SKU). Pembina melakukan perencanaan sebelum kegiatan latihan dilaksanakan seperti program yang akan dilaksanakan dan materi apa yang akan disampaikan.

Pramuka di Gugusdepan Yogyakarta 09.009 - 09.010 pangkalan SMP Negeri 2 Yogyakarta dalam pelaksanaanya juga didukung oleh pihak sekolah dan wali siswa, sehingga kegiatan pramuka terus maju dan berkembang.

B.            Saran

Berdasarkan pada hasil laporan Narakarya II ini dapat disarankan sebagai berikut, dalam pelaksanaan kegiatan pramuka sudah bagus dan kreatif namun perlu ditingkatkan lagi untuk menciptakan inovasi agar peserta didik merasa senang dan selalu bersemangat mengikuti kegiatan pramuka. Perlu meningkatkan motivasi dan minat peserta didik untuk terus berkembang dan mengasah kemampuannya dengan cara ujian SKU, ujian TKK, dan mengikuti seleksi Pramuka Garuda. Administrasi gugus depan yang ada perlu terus dilaksanakan dan ditingakatkan apabila terdapat pembaharuan ketentuan.


Comments

Popular posts from this blog

Biografi KH Agus Salim – Bapak Pandu Indonesia

Modul Kesiapsiagaan Bela Negara

SIMBOL-SIMBOL NASIONALISME INDONESIA