SILABUS KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG
|
SILABUS KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG |
|||||
|
SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA |
|||||
|
TAHUN AJARAN 2018/2019 |
|||||
|
No |
Standar Kompetensi |
Kompotensi Dasar |
Indikator |
Materi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
1 |
Memahami sejarah
singkat pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka |
1.1 Mengetahui sejarah
singkat kepanduan dunia |
1.1 Mengetahui sejarah
singkat kepanduan dunia |
Sejarah Kepramukaan
dan Kode Kehormatan |
1 pjl x 90 menit |
|
1.2 Mengetahui sejarah
seingkat gerakan pramuka Indonesia |
1.2 Mengetahui sejarah
seingkat gerakan pramuka Indonesia |
|
|
||
|
1.3 Mengetahui dan mengamalkan Tri Satya dan Dasa Dharma dalam
kehidupan sehari-hari |
1.3 Menghafalkan Tri
Satya dan Dasa Dharma |
Tri Satya dan Dasa
Dharma |
1 pjl x 90 menit |
||
|
1.4 Mengamalkan Tri
Satya dan Dasa Dharma dalam kehidupan keluarga dan bermasyarakat |
|
|
|||
|
2 |
Mengetahui tanda
pengenal gerakan pramuka dan mengaplikasikannya dalam berpakaian seragam
pramuka |
2.1 Mengetahui
macam-macam tanda pengenal gerakan pramuka |
2.1 Mengetahui
macam-macam tanda pengenal gerakan pramuka |
Tanda Pengenal Gerakan
Pramuka |
1 pjl x 90 menit |
|
2.2 Mengaplikasikan
tanda pengenal dalam tata cara berpakaian |
2.2 Mengaplikasikan
tanda pengenal dalam tata cara berpakaian |
|
|
||
|
3 |
Memahami makna PBB dan
aturannya, serta mampu mengimplementasikan dalam upaca penggalang |
3.1 Memahami makna PBB |
3.1 Memahami makna PBB |
PBB dan Upacara
Penggalang |
1 bulan |
|
3.2 Memahami aturan
yang digunakan pada PBB |
3.2 Memahami aturan
yang digunakan pada PBB |
|
|
||
|
3.3 Dapat
mengimplementasikan PBB dalam upacara penggalang |
3.3 Dapat
mengimplementasikan PBB dalam upacara penggalang |
|
|
||
|
4 |
Mengetahui dan
memahami macam-macam sandi |
4.1 Dapat mengetahui
dan memahami berbagai macam sandi |
4.1 Dapat mengetahui
dan memahami berbagai macam sandi |
Macam-macam Sandi |
1 pjl x 90 menit |
|
5 |
Mengetahui 8 arah mata
angin serta mengenal dan dapat menggunakan kompas |
5.1 Mengetahui 8 arah
mata angin |
5.1 Mengetahui 8 arah
mata angin |
Mata Angin dan Kompas |
1 pjl x 90 menit |
|
5.2 Mengenal
bagian-bagian dan macam kompas |
5.2 Mengenal bagian-bagian
dan macam kompas |
|
|
||
|
5.3 Dapat menggunakan
kompas |
5.3 Dapat menggunakan
kompas |
|
|
||
|
5.4 Dapat memahami dan
praktik menaksir (tinggi, lebar, kuat arus) |
5.4 Dapat memahami dan
praktik menaksir (tinggi, lebar, kuat arus) |
Menaksir Tinggi, Lebar,
Kuat Arus |
1 pjl x 90 menit |
||
|
6 |
Memahami simpul dan
ikatan serta membuat pioneering |
6.1 Memahami macam dan
cara membuat simpul dan ikatan |
6.1 Memahami macam dan
cara membuat simpul dan ikatan |
Pioneering |
2 pjl x 90 menit |
|
6.2 Dapat membuat
pioneering kaki tiga, sambung tongkat, dragbar, dan pendirian tenda |
6.2 Dapat membuat
pioneering kaki tiga, sambung tongkat, dragbar, dan pendirian tenda |
|
|
||
|
7 |
Memahami macam-macam
lagu wajib dan lagu daerah |
7.1 Dapat menyanyikan
lagu nasional dan lagu wajib |
7.1 Dapat menyanyikan
lagu nasional dan lagu wajib |
Lagu Nasional, Lagu
Wajib dan Lagu Daerah |
1 pjl x 90 menit |
|
7.2 Dapat menyanyikan
lagu daerah dan tahu asal daerahnya |
7.2 Dapat menyanyikan
lagu daerah dan tahu asal daerahnya |
|
|
||
|
8 |
Mengetahui cara pengendalian
emosi |
8.1 Dapat memahami
cara pendalian emosi |
8.1 Dapat memahami
cara pendalian emosi |
Pengendalian Emosi |
1 pjl x 90 menit |
|
8.2 Dapat mengelola
emosi pada dirinya |
8.2 Dapat mengelola
emosi pada dirinya |
|
|
||
|
9 |
Memahami lambang
gerakan pramuka dan struktur organisasi pramuka |
9.1 Memahami lambang
gerakan pramuka |
9.1 Memahami lambang
gerakan pramuka |
Struktur dan Lambang
Gerakan Pramuka |
1 pjl x 90 menit |
|
9.2 Memahami struktur
organisasi gerakan pramuka |
9.2 Memahami struktur
organisasi gerakan pramuka |
|
|
||
|
10 |
Mengetahui macam-macam
salam pramuka dan dapat menggunakan salam pramuka |
10.1 Dapat menyebutkan
macam salam pramuka |
10.1 Dapat menyebutkan
macam salam pramuka |
Salam Pramuka |
1 pjl x 90 menit |
|
10.2 Dapat menggunakan
salam pramuka |
10.2 Dapat menggunakan
salam pramuka |
|
|
||
|
11 |
Mengetahui tanda jejak
dan dapat membuat peta |
11.1 Dapat mengetahui
tanda-tanda jejak pramuka |
11.1 Dapat mengetahui
tanda-tanda jejak pramuka |
Pembuatan Peta |
3 pjl x 90 menit |
|
11.2 Dapat memahami
dan dapat membuat peta pita |
11.2 Dapat memahami
dan dapat membuat peta pita |
|
|
||
|
11.3 Dapat memahami
dan dapat membuat peta wilayah |
11.3 Dapat memahami
dan dapat membuat peta wilayah |
|
|
||
|
11.4 Dapat memahami
dan dapat membuat peta lapangan |
11.4 Dapat memahami
dan dapat membuat peta lapangan |
|
|
||
|
12 |
Memahami dan membuat
sketsa panorama |
12.1 Dapat memahami
dan membuat sketsa panorama |
12.1 Dapat memahami
dan membuat sketsa panorama |
Sketsa Panorama |
1 pjl x 90 menit |
|
13 |
Memahami dan dapat
praktik P3K |
13.1 Memahami definisi
P3K |
13.1 Memahami definisi
P3K |
Pertolongan Pertama
Pada Kecelakaan |
1 pjl x 90 menit |
|
13.2 Dapat mengetahui
cara P3K |
13.2 Dapat mengetahui
cara P3K |
|
|
||
|
13.3 Dapat
memperagakan P3K |
13.3 Dapat
memperagakan P3K |
|
|
||
|
14 |
Memahami dan
menggunakan komunikasi lapangan |
14.1 Dapat mengetahui
macam komunikasi lapangan |
14.1 Dapat mengetahui
macam komunikasi lapangan |
Komunikasi Lapangan |
4 pjl x 90 menit |
|
14.2 Dapat memahami
dan menggunakan Morse |
14.2 Dapat memahami
morse |
|
|
||
|
14.2.1 Dapat
menggunkaan morse |
|
|
|||
|
14.3 Dapat memahami
dan menggunakan Semaphore |
14.3 Dapat memahami
semaphore |
|
|
||
|
14.3.1 Dapat
menggunakan semaphore |
|
|
|||
|
15 |
Dapat membuat
penjernihan air |
15.1 Memahami
penjernihan air |
15.1 Memahami
penjernihan air |
Penjernihan Air |
1 pjl x 90 menit |
|
15.2 Dapat
mempraktikan penjernihan air |
15.2 Dapat
mempraktikan penjernihan air |
|
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, |
Yogyakarta, 11 Juni
2018 |
||||
|
Kamabigus SMP Negeri 2
Yogyakarta |
Pembina Satuan |
||||
|
Widayat Umar, S.Pd.,
M.Pd.Si. |
Ayunurita Safitri,
S.IP. |
||||
|
NIP. |
|||||
Comments
Post a Comment