SILABUS KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG

SILABUS KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG

SMP NEGERI 2 YOGYAKARTA

TAHUN AJARAN 2018/2019

No

Standar Kompetensi

Kompotensi Dasar

Indikator

Materi Kegiatan

Alokasi Waktu

1

Memahami sejarah singkat pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka

1.1 Mengetahui sejarah singkat kepanduan dunia

1.1 Mengetahui sejarah singkat kepanduan dunia

Sejarah Kepramukaan dan Kode Kehormatan

1 pjl x 90 menit

1.2 Mengetahui sejarah seingkat gerakan pramuka Indonesia

1.2 Mengetahui sejarah seingkat gerakan pramuka Indonesia

 

 

1.3 Mengetahui dan mengamalkan Tri Satya dan Dasa Dharma dalam kehidupan sehari-hari

1.3 Menghafalkan Tri Satya dan Dasa Dharma

Tri Satya dan Dasa Dharma

1 pjl x 90 menit

1.4 Mengamalkan Tri Satya dan Dasa Dharma dalam kehidupan keluarga dan bermasyarakat

 

 

2

Mengetahui tanda pengenal gerakan pramuka dan mengaplikasikannya dalam berpakaian seragam pramuka

2.1 Mengetahui macam-macam tanda pengenal gerakan pramuka

2.1 Mengetahui macam-macam tanda pengenal gerakan pramuka

Tanda Pengenal Gerakan Pramuka

1 pjl x 90 menit

2.2 Mengaplikasikan tanda pengenal dalam tata cara berpakaian

2.2 Mengaplikasikan tanda pengenal dalam tata cara berpakaian

 

 

3

Memahami makna PBB dan aturannya, serta mampu mengimplementasikan dalam upaca penggalang

3.1 Memahami makna PBB

3.1 Memahami makna PBB

PBB dan Upacara Penggalang

1 bulan

3.2 Memahami aturan yang digunakan pada PBB

3.2 Memahami aturan yang digunakan pada PBB

 

 

3.3 Dapat mengimplementasikan PBB dalam upacara penggalang

3.3 Dapat mengimplementasikan PBB dalam upacara penggalang

 

 

4

Mengetahui dan memahami macam-macam sandi

4.1 Dapat mengetahui dan memahami berbagai macam sandi

4.1 Dapat mengetahui dan memahami berbagai macam sandi

Macam-macam Sandi

1 pjl x 90 menit

5

Mengetahui 8 arah mata angin serta mengenal dan dapat menggunakan kompas

5.1 Mengetahui 8 arah mata angin

5.1 Mengetahui 8 arah mata angin

Mata Angin dan Kompas

1 pjl x 90 menit

5.2 Mengenal bagian-bagian dan macam kompas

5.2 Mengenal bagian-bagian dan macam kompas

 

 

5.3 Dapat menggunakan kompas

5.3 Dapat menggunakan kompas

 

 

5.4 Dapat memahami dan praktik menaksir (tinggi, lebar, kuat arus)

5.4 Dapat memahami dan praktik menaksir (tinggi, lebar, kuat arus)

Menaksir Tinggi, Lebar, Kuat Arus

1 pjl x 90 menit

6

Memahami simpul dan ikatan serta membuat pioneering

6.1 Memahami macam dan cara membuat simpul dan ikatan

6.1 Memahami macam dan cara membuat simpul dan ikatan

Pioneering

2 pjl x 90 menit

6.2 Dapat membuat pioneering kaki tiga, sambung tongkat, dragbar, dan pendirian tenda

6.2 Dapat membuat pioneering kaki tiga, sambung tongkat, dragbar, dan pendirian tenda

 

 

7

Memahami macam-macam lagu wajib dan lagu daerah

7.1 Dapat menyanyikan lagu nasional dan lagu wajib

7.1 Dapat menyanyikan lagu nasional dan lagu wajib

Lagu Nasional, Lagu Wajib dan Lagu Daerah

1 pjl x 90 menit

7.2 Dapat menyanyikan lagu daerah dan tahu asal daerahnya

7.2 Dapat menyanyikan lagu daerah dan tahu asal daerahnya

 

 

8

Mengetahui cara pengendalian emosi

8.1 Dapat memahami cara pendalian emosi

8.1 Dapat memahami cara pendalian emosi

Pengendalian Emosi

1 pjl x 90 menit

8.2 Dapat mengelola emosi pada dirinya

8.2 Dapat mengelola emosi pada dirinya

 

 

9

Memahami lambang gerakan pramuka dan struktur organisasi pramuka

9.1 Memahami lambang gerakan pramuka

9.1 Memahami lambang gerakan pramuka

Struktur dan Lambang Gerakan Pramuka

1 pjl x 90 menit

9.2 Memahami struktur organisasi gerakan pramuka

9.2 Memahami struktur organisasi gerakan pramuka

 

 

10

Mengetahui macam-macam salam pramuka dan dapat menggunakan salam pramuka

10.1 Dapat menyebutkan macam salam pramuka

10.1 Dapat menyebutkan macam salam pramuka

Salam Pramuka

1 pjl x 90 menit

10.2 Dapat menggunakan salam pramuka

10.2 Dapat menggunakan salam pramuka

 

 

11

Mengetahui tanda jejak dan dapat membuat peta

11.1 Dapat mengetahui tanda-tanda jejak pramuka

11.1 Dapat mengetahui tanda-tanda jejak pramuka

Pembuatan Peta

3 pjl x 90 menit

11.2 Dapat memahami dan dapat membuat peta pita

11.2 Dapat memahami dan dapat membuat peta pita

 

 

11.3 Dapat memahami dan dapat  membuat peta wilayah

11.3 Dapat memahami dan dapat  membuat peta wilayah

 

 

11.4 Dapat memahami dan dapat membuat peta lapangan

11.4 Dapat memahami dan dapat membuat peta lapangan

 

 

12

Memahami dan membuat sketsa panorama

12.1 Dapat memahami dan membuat sketsa panorama

12.1 Dapat memahami dan membuat sketsa panorama

Sketsa Panorama

1 pjl x 90 menit

13

Memahami dan dapat praktik P3K

13.1 Memahami definisi P3K

13.1 Memahami definisi P3K

Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan

1 pjl x 90 menit

13.2 Dapat mengetahui cara P3K

13.2 Dapat mengetahui cara P3K

 

 

13.3 Dapat memperagakan P3K

13.3 Dapat memperagakan P3K

 

 

14

Memahami dan menggunakan komunikasi lapangan

14.1 Dapat mengetahui macam komunikasi lapangan

14.1 Dapat mengetahui macam komunikasi lapangan

Komunikasi Lapangan

4 pjl x 90 menit

14.2 Dapat memahami dan menggunakan Morse

14.2 Dapat memahami morse

 

 

14.2.1 Dapat menggunkaan morse

 

 

14.3 Dapat memahami dan menggunakan Semaphore

14.3 Dapat memahami semaphore

 

 

14.3.1 Dapat menggunakan semaphore

 

 

15

Dapat membuat penjernihan air

15.1 Memahami penjernihan air

15.1 Memahami penjernihan air

Penjernihan Air

1 pjl x 90 menit

15.2 Dapat mempraktikan penjernihan air

15.2 Dapat mempraktikan penjernihan air

 

 

 

 

 

 

 

 

Mengetahui,

Yogyakarta, 11 Juni 2018

Kamabigus SMP Negeri 2 Yogyakarta

Pembina Satuan

Widayat Umar, S.Pd., M.Pd.Si.

Ayunurita Safitri, S.IP.

NIP. 

 


Comments

Popular posts from this blog

Biografi KH Agus Salim – Bapak Pandu Indonesia

Modul Kesiapsiagaan Bela Negara

SIMBOL-SIMBOL NASIONALISME INDONESIA