PROGRAM MINGGUAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
|
PROGRAM MINGGUAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA |
||||||
|
SMP N 2 YOGYAKARTA |
||||||
|
TAHUN PELAJARAN 2018/2019 |
||||||
|
Semester Gasal |
||||||
|
NO |
MATERI |
URAIAN KEGIATAN |
TUJUAN |
SASARAN |
WAKTU |
EVALUASI |
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|
1 |
Musyawarah Regu |
Kontrak Belajar,
Pembentukan Regu |
- Sosialisasi kegiatan
belajar mengajar |
siswa |
2 jtm |
|
|
2 |
Dinamika Kelompok |
Yel Regu, Hymne dan
Mars Gerakan Pramuka |
- Membentuk karakter
kekompakan regu |
siswa |
2 jtm |
|
|
3 |
Latihan Dasar Kepemimpinan |
PBB Regu, PBB Pasukan |
- Membangun jiwa
disiplin |
siswa, pemimpin regu |
2 jtm |
|
|
4 |
Struktur Organisasi |
Sejarah dan Tanda
Pengenal Gerakan Pramuka |
- Siswa mengetahui
sejarah dan perkembangan Gerakan Pramuka |
Siswa |
2 jtm |
|
|
5 |
Ujian Kenaikan Tingkat |
Ujian SKU |
- Siswa mampu
meningkatkan kemampuan menjadi Penggalang Ramu, Rakit, Terap |
Siswa |
2 jtm |
|
|
6 |
Sejarah Bendera Merah Putih dan Lambang Negara |
Sejarah Bendera Merah
Putih dan arti Lambang Negara RI |
- Siswa mengetahui
arti lambang RI sesuaiUU no.24 tahun 2009 |
Siswa |
2 jtm |
|
|
7 |
Simpul Ikat Jerat |
Pengenalan simpul
mati, hidup, anyam, pangkal, jangkar dan pengenalan ikatan palang dan silang |
- Siswa mengetahui
dasar tali temali |
Siswa |
2 jtm |
|
|
8 |
Simpul Ikat Jerat |
Membuat dragbard, menara pandang kaki tiga dan
sambung tongkat |
- Siswa mengaplikasikan
pembuatan simpul dan ikatan |
Siswa |
2 jtm |
|
|
9 |
Teknik Kepramukaan |
Menaksir Tinggi,
Lebar, dan Arus |
- Siswa dapat menaksir
tinggi pohon, menara dan atau tiang |
Siswa |
2 jtm |
|
|
10 |
Ujian Kenaikan Tingkat |
Ujian SKU |
- Siswa mampu
meningkatkan kemampuan menjadi Penggalang Ramu, Rakit, Terap |
Siswa |
2 jtm |
|
|
11 |
Aneka Sandi |
Sandi Morse |
- Siswa dapat memahami
dan menerjemahkan sandi morse |
Siswa |
2 jtm |
|
|
12 |
Aneka Sandi |
Senam Morse |
- Siswa dapat
menghafalkan sandi morse |
Siswa |
2 jtm |
|
|
13 |
Ilmu Medan Peta Kompas |
Praktik Peta Pita |
- Siswa dapat membuat
peta pita sesuai dengan kondisi di sekolah |
Siswa |
2 jtm |
|
|
14 |
Ilmu Medan Peta Kompas |
Koreksi Peta Pita |
- Pembina memberikan
koreksi hasil pembuatan peta pita |
Siswa |
2 jtm |
|
|
15 |
Ujian Kenaikan Tingkat |
Ujian SKU/Pelantikan |
- Siswa mampu
meningkatkan kemampuan menjadi Penggalang Ramu, Rakit, Terap |
Siswa |
2 jtm |
|
|
16 |
Ilmu Medan Peta Kompas |
Praktek Peta Wilayah |
- Siswa dapat membuat
peta wilayah sesuai dengan kondisi di sekolah |
Siswa |
2 jtm |
|
|
17 |
Ilmu Medan Peta Kompas |
Koreksi peta wilayah |
- Pembina memberikan
koreksi hasil pembuatan peta wilayah |
Siswa |
2 jtm |
|
|
18 |
Evaluasi |
Evaluasi belajar akhir
semester |
- Mengukur kemampuan
siswa dalam menyerap materi yang disampaikan selama 1 semester |
Siswa |
2 jtm |
|
|
Mengetahui |
Yogyakarta, 11 Juni
2018 |
|||||
|
Kepala SMP N 2
Yogyakarta, |
Pembina Satuan |
|||||
|
Widayat Umar, S.Pd.,
M.Pd.Si. |
Ayunurita Safitri,
S.IP. |
|||||
|
NIP. 19700313 199301 1
002 |
||||||
|
PROGRAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA |
||||||
|
SMP N 2 YOGYAKARTA |
||||||
|
TAHUN PELAJARAN 2018/2019 |
||||||
|
Semester Genap |
||||||
|
NO |
MATERI |
URAIAN KEGIATAN |
TUJUAN |
SASARAN |
WAKTU |
EVALUASI |
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
|
1 |
Ketrampilan Khusus
Penggalang |
Pengenalan Tanda
Kecakapan Khusus |
- Siswa mengetahui
macam-macam tanda kecakapan khusus dan cara memperolehnya |
Siswa |
2 jtm |
|
|
2 |
Dasar-dasar
Pertolongan Pertama |
Pembalutan dan
Pembidaian |
Siswa dapat memberikan
pertolongan terhadap kasus luka terbuka maupun tertutup |
Siswa |
2 jtm |
|
|
3 |
Dasar-dasar
Pertolongan Pertama |
Angkat Angkut dan
Evakuasi |
Siswa dapat melakukan
evakuasi pasien dari lokasi kejadian menuju ke rumah sakit terdekat |
Siswa |
2 jtm |
|
|
4 |
Kebugaran Jasmani |
Senam Pramuka |
Siswa dapat melakukan
senam pramuka secara bersama-sama |
Siswa |
2 jtm |
|
|
5 |
Ujian Kenaikan Tingkat |
Ujian SKU |
- Siswa mampu
meningkatkan kemampuan menjadi Penggalang Ramu, Rakit, Terap |
Siswa |
2 jtm |
|
|
6 |
Teknik Kepramukaan |
Mendirikan Tenda |
Siswa mengetahui cara
pendirian tenda dan dapat membuat tempat perlindungan sementara |
Siswa |
2 jtm |
|
|
7 |
Ilmu Medan Peta Kompas |
Sketsa Panorama |
Siswa mampu
menggambarkan situasi dilingkungan sekitar |
Siswa |
2 jtm |
|
|
8 |
Teknik Kepramukaan |
Kerangka Menara |
Siswa mampu mengimplementasikan
materi tali temali ke dalam benda kerja |
Siswa |
2 jtm |
|
|
9 |
Aneka Sandi |
Pengenalan Semaphore |
Siswa mampu mengirim
dan menerima berita dengan menggunakan
bendera semaphore |
Siswa |
2 jtm |
|
|
10 |
Ujian Kenaikan Tingkat |
Ujian SKU |
- Siswa mampu meningkatkan
kemampuan menjadi Penggalang Ramu, Rakit, Terap |
Siswa |
2 jtm |
|
|
11 |
Ketrampilan |
Teknologi Tepat Guna |
Siswa mampu membuat
teknologi tepat guna dari barang bekas dan mampu menyampaikan manfaatnya |
Siswa |
2 jtm |
|
|
12 |
Teknik Kepramukaan |
Memasak Darurat |
Siswa memiliki bekal
kemampuan bertahan hidup di alam terbuka dengan memasak darurat |
Siswa |
2 jtm |
|
|
13 |
PBB |
PBB regu dan laporan
pos |
Siswa memiliki
kemampuan dan kekompakan dalam baris-berbaris |
Siswa |
2 jtm |
|
|
14 |
Teknik Kepramukaan |
Pengibaran Bendera
Merah Putih |
Siswa mampu melakukan
pengibaran bendera merah putih dan dapat diimplementasikan ke dalam kegiatan
upacara di sekolah |
Siswa |
2 jtm |
|
|
15 |
Ujian Kenaikan Tingkat |
Ujian SKU |
- Siswa mampu
meningkatkan kemampuan menjadi Penggalang Ramu, Rakit, Terap |
Siswa |
2 jtm |
|
|
16 |
Evaluasi |
Evaluasi belajar akhir
semester |
- Mengukur kemampuan
siswa dalam menyerap materi yang disampaikan selama 1 semester |
Siswa |
2 jtm |
|
|
17 |
Musyawarah Regu |
Persiapan Perkemahan |
- Siswa bermusyawarah
mempersiapkan perkemahan, membagi tugas setiap anggota regu |
Siswa |
2 jtm |
|
|
18 |
Giat Tutup Tahun |
Lomba Tingkat 1 |
Mengukur kemampuan
fisik dan manjerial dalam menerima materi selama tahun ajaran |
Siswa |
2 jtm |
|
|
Mengetahui |
Yogyakarta, 11 Juni
2018 |
|||||
|
Kepala SMP N 2
Yogyakarta, |
Pembina Satuan |
|||||
|
Widayat Umar, S.Pd.,
M.Pd.Si. |
Ayunurita Safitri,
S.IP. |
|||||
|
NIP. 19700313 199301 1
002 |
||||||
Comments
Post a Comment